Archive Pages Design$type=blogging

Join over 500 Followers

Pengertian dan Aplikasi Rangkaian HIGH PASS FILTER

High pass filter, HPF, pengertian High pass filter, fungsi High pass filter, karakteristik High pass filter, rangkaian seleksi frekuensi, band frekuensi, jenis filter, elemen pasif, contoh elemen pasif, kegunaan High pass filter, keunggulan filter aktif, rumus High Pass Filter, rangkaian High Pass Filter, High Pass Filter order kedua, karakteristik, simulasi, aplikasi High Pass Filter, rangkaian High Pass Filter

HIGH PASS FILTER

1.1 Pengertian

           High pass filter adalah jenis filter yang melewatkan frekuensi tinggi, tetapi mengurangi
amplitudo frekuensi yang lebih rendah daripada frekuensi cutoff.Nilai-nilai pengurangan untuk frekuensi berbeda-beda untuk tiap-tiap filter ini .High pass filter adalah lawan dari low pass filter, dan band pass filter adalah kombinasi dari high pass filter dan low pass filter.
           Filter ini sangat berguna sebagai filter yang dapat memblokir component frekuensi rendah yang tidak diinginkan dari sebuah sinyal komplek saat melewati frekuensi tertinggi.
High pass filter yang paling simple terdiri dari kapasitor yang terhubung secara pararel dengan resistor
           Pada rangkaian dibagian listrik sering disebut rangkaian seleksi frekuensi untuk melewatkan band frekuensi tertentu dan menahannya dari frekuensi diluar band itu. Filter dapat diklafisikasikan dengan arahan :
  •     Analog atau digital
  •     Pasif atau aktif
  •     Audio (AF) atau radio frekuensi (RF)
Filter tergantung dari tipe elemen yang digunakan pada rangkaiannya, filter akan dibedakan pada filter aktif dan Filter pasif.
Elemen pasif adalah:
  •     tahanan,
  •     Kapasitor, dan
  •     Induktor
                 Filter  aktif dilengkapi dengan transistor atau opamp selain tahanan dan kapasitor. Tipe elemen    ditentukan oleh pengoperasian range frekuensi kerja rangkaian .
                Filter aktif mempunyai keuntungan dibandingkan filter pasif yaitu :
  1. Penguatan dan frekuensinya mudah diatur, selama op-amp masih memberikan penguatan dan sinyal input tidak selalu seperti pada filter pasif. Pada dasarnya filter aktif lebih gampang diatur.
  2. Tidak ada masalah beban, karena tahanan input tinggi dan tahanan output rendah. Filter aktif tidak membebani sumber input.
  3. Harga, umumnya filter aktif lebih ekonomis dari pada filter pasif, karena pemilihan variasai dari op-amp yang murah dan tanpa induktor yang biasanya harganya mahal.
   
    Rangkaian High Pass Filter ini perbedaannya dengan Low Pass Filter hanya perpindahan tempat tahanan dan kapasitor. Perhitungan ouputnya sebagai berikut :

Contoh Gambar Rangkaiannya yaitu:

High Pass Filter order kedua (-40dB)

     Pada LPF order kedua, HPF order kedua ini cirinya sama, maka persamaan yang terjadi adalah :
   Contoh dari Gambar Rangkaian dari HPF orde 2 ini yaitu :


1.2 Karakteristik

        Dapat dijelaskan High Pass Filter melalui grafik dibawah :

1.3 Aplikasi

           High-pass filter memiliki banyak aplikasi. Diantaranya digunakan digunakan sebagai bagian dari crossover audio untuk mengarahkan frekuensi tinggi ke tweeter sementara pelemahan sinyal bass yang dapat mengganggu, atau kerusakan, pembicara.
           Crossover pada amplifier dibutuhkan bila memang kita ingin supaya kualitas suara yang dihasilkan oleh amplifier-speaker benar benar bagus, bila memang kualitas amplifier dan speaker yang digunakan sudah cukup baik, tidak perlu lagi menggunakan crossover ini.
           Tiap tiap speaker tersebut memiliki jangkauan / range frekuensi kerja masing masing. Speaker woofer untuk frekuensi rendah, middle untuk frekuensi tengah sedangkan tweeter untuk menghasilkan frekuensi tinggi, nah supaya kinerja masing masing speaker ini sempurna maka input yang diberikan harus sesuai dengan jenis speaker tersebut. Rangkaian yang berfungsi untuk memilah milah frekuensi itulah yang disebut dengan rangkaian crossover.


         Pada semua crossover terdapat “high-pass filter” yang fungsi nya untuk menahan frekuensi rendah dari power amplifier, keluaran dari high pass filter ini tentu diteruskan ke tweeter, sedangkan “low pass filter” berfungsi menahan tugasnya menahan frekwensi tinggi dan kemudian meneruskan sinyak suara ke woofer, sedangkan mid-filter merupakan perpaduan keduanya.
         Rangkaian crossover pasif ini adalah rangkaian filter high pass dan filter low pass. Untuk lebih jelasnya dalam membuat rangkaian crossover pasif 2 arah ini dapat dilihat skema rangkaian dan komponen yang digunakan sebagai berikut :


COMMENTS

Name

Aplikasi Belajar C++ Citra Design elektro elektronika Filter fotografi Gambar grafik informatika Java jobsheet joobsheet Karakteristik Lokasi Pembelajaran Pemrograman Pengalaman rangkaian Rumus Sejarah simulasi Sinyal Sumber belajar Teknik Informatika teknologi Teori TI Tiket Masuk Website Wisata
false
ltr
item
Setia Blog's : Pengertian dan Aplikasi Rangkaian HIGH PASS FILTER
Pengertian dan Aplikasi Rangkaian HIGH PASS FILTER
High pass filter, HPF, pengertian High pass filter, fungsi High pass filter, karakteristik High pass filter, rangkaian seleksi frekuensi, band frekuensi, jenis filter, elemen pasif, contoh elemen pasif, kegunaan High pass filter, keunggulan filter aktif, rumus High Pass Filter, rangkaian High Pass Filter, High Pass Filter order kedua, karakteristik, simulasi, aplikasi High Pass Filter, rangkaian High Pass Filter
https://3.bp.blogspot.com/-1LjBRj8EWfQ/U2gg5EawGkI/AAAAAAAAATM/SuVFfWAIfg4/s1600/highpass1.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-1LjBRj8EWfQ/U2gg5EawGkI/AAAAAAAAATM/SuVFfWAIfg4/s72-c/highpass1.JPG
Setia Blog's
https://setiaagungw.blogspot.com/2014/05/pengertian-dan-aplikasi-rangkaian-high.html
https://setiaagungw.blogspot.com/
http://setiaagungw.blogspot.com/
http://setiaagungw.blogspot.com/2014/05/pengertian-dan-aplikasi-rangkaian-high.html
true
5884333225252947008
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago